CS dalam Seminar Nasional



Surakarta (2/10), Himpunan Mahasiswa (HMP) Fisika Grafitasi gelar satu dari empat rangkaian acara Science Week 2010 yaitu seminar ilmiah nasional. Seminar yang mengusung tema “Peranan Sains, Teknologi, dan Kebudayaan Nasional Terhadap Pembangunan yang Berkelanjutan” ini digelar di gedung F FKIP UNS. Menghadirkan 3 pembicara, yaitu: Dr. Ir. Adawiyah, M.Si (Kementrian Riset dan Teknologi), Dr. Heri Sutanto, M. Si (Masyarakat Nano Indonesia), dan Ir. Joko Widodo (Walikota Surakarta). Seminar ini dihadiri lebih dari 520 peserta dari berbagai kalangan diantaranya kalangan mahasiswa, pendidik, dan umum.
Antusisme peserta cukup tinggi dilihat dari banyaknya peserta yang bertanya pada sesi tanya jawab. “Insya Allah bagus sekali untuk para mahasiswa. Kita bergelut tentang teknologi, jadi tidak hanya menguasai teknologi, tetapi kebudayaan kita sebagai orang Indonesia dan Timur harus dipegang teguh,” ungkap Rifai Ristiawan, mahasiswa Pendidikan Fisika UNS. Acara berjalan lancar, tetapi ketidakhadiran Ir. Jokowi sebagai pembicara, cukup membuat peserta kecewa. “Sebenarnya sangat disayangkan. Harapannya bisa hadir untuk mengisi materi budaya di seminar ini. Mungkin beliau ada keperluan,” ungkap Bagus Budi Prasetya, mahasiswa UNDIP.
Beberapa delegasi dari  universitas lainnya yang tergabung dalam Ikatan Himpunan Mahasiswa Fisika (IHAMAFI), yakni dari UNDIP, UNY, dan IKIP PGRI Semarang, turut hadir. Acara ini dibuka oleh Pembantu Dekan I FKIP, Prof. Dr. Rer. Nat Sadjidan, M. Si dan dilanjutkan dengan penampilan musikalisasi dan puisi dari kelompok teater FKIP, Peron.
Science Week merupakan agenda tahunan dari Bidang Pendidikan dan Kajian Ilmiah, dan di tahun ketiga ini, terdapat 3 rangkaian kegiatan, yaitu Temu Kangen Alumni, Lomba Media Pembelajaran, Lomba Fisika SMP SMA se-Jateng DIY, dan Seminar Ilmiah Nasional.
3 Aspek penting dalam pembangunan  berkelanjutan seperti yang disampaikan Dr. Ir. Adawiyah, M. Si yaitu:
1.       Keberlanjutan ekonomi: pembangunan yang mampu menghasilkan barang dan jasa secara kontinu dan memelihara keseimbangan sektoral
2.       Keberlanjutan lingkungan: mampu memelihara sumberdaya yang stabil dan menghindari eksploitasi SDA dan lingkungan. 
3.     Keberlanjutan sosial: mampu mencapai kesetaraan, menyediakan layanan sosial


KLIK JUGA:
 

©Copyright 2011 Kaos Solo | TNB